Mengenal Jin Qarin Dalam Islam

Mengenal Jin Qarin Dalam Islam –  Syaikh Ibnu Utsaimin ditanya, “Apa itu qorin?” Beliau menjawab, “Qorin adalah setan yang ditugasi untuk menyesatkan manusia dengan izin Allah. Dia bertugas memerintahkan kemungkaran dan mencegah yang ma’ruf. Sebagaimana yang Allah SWT berfirman, “Setan menjanjikan kefakiran untuk kalian dan memerintahkan kemungkaran. Sementara Allah menjanjikan ampunan dan karunia dari-Nya. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 268).

jika Allah SWT  memberikan karunia kepada hamba-Nya berupa hati yang baik, jujur, selalu tunduk kepada Allah, lebih menginginkan akhirat dan tidak mementingkan dunia maka Allah akan menolongnya agar tidak terpengaruh gangguan jin ini, sehingga dia tidak mampu menyesatkannya. (Majmu’ Fatawa, 17:427).

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karena itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim).

Baca Juga :

 

Lalu, seperti apa sih mereka ini? Apa sebenarnya yang dilakukan para Qarin?

Misterul morţii dezlegat! Iată care ar putea fi cele 10 etape pe ...

Qarin Adalah Jin Kembaran Kita

Qarin menurut para pakarnya adalah makhluk gaib yang diserupakan dengan kita. Tak hanya ciri fisik seperti mata, tinggi badan, dan bentuk rambut, tapi juga sifat dan aktivitas kita. Benar-benar seperti fotocopy hanya saja mereka tak terlihat karena berasal dari bangsa jin.

Qarin sendiri aktivitasnya adalah mendampingi kita. Hanya mendampingi tak lebih dari itu. Jadi, ketika kita berada di suatu tempat, maka mereka pun jelas akan ada di situ. Makanya, kadang ketika sendiri kita seolah-olah ditemani oleh sesuatu. Bisa jadi sesuatu tersebut adalah Qarin milik kita.

Qarin Ada Saat Kita Lahir

Qarin bukannya seperti teman masa kecil yang bersama sampai tua, tapi mereka ada sejak lahir. Jadi, begitu ada anak manusia terlahir, maka satu Qarin pendamping akan lahir juga. Entah bagaimana wujudnya, apakah si Qarin ini menyerupai bayi atau sudah berwujud manusia dewasa.

Dalam Tafsir As-Sa’di dinyatakan, “Kapanpun, dan dalam keadaan apapun, ketika setan menggoda Anda, dimana Anda merasakan adanya bisikan, menghalangi Anda untuk melakukan kebaikan, mendorong Anda untuk berdosa, atau membangkitkan semangat Anda untuk maksiat maka berlindunglah kepada Allah, sandarkan diri Anda kepada Allah, mintalah perlindungan kepada-Nya.

Mereka ada ketika manusia lahir ke dunia, namun Qarin akan tetap hidup ketika manusia yang didampinginya mati. Ya, Qarin sendiri adalah bangsa jin yang ditakdirkan untuk memiliki usia yang sangat panjang. Nah, soal ini kamu mungkin pernah menjumpai atau mendengar cerita tentang penampakan-penampakan yang menyerupai sosok-sosok yang sudah meninggal. Ini bisa jadi juga adalah ulah Qarin.

Qarin dan Fenomena Kerasukan

Fenomena kesurupan adalah hal yang lazim di sini karena cukup sering terjadi. Nah, hal yang unik soal kesurupan ini, selalu saja si jin yang masuk mengaku sebagai sosok yang sudah meninggal. Ini juga diindikasi banyak orang sebagai ulah Qarin.

Jadi si orang aslinya sudah meninggal, namun Qarinnya masih hidup dan berkeliaran. Soal Qarin yang merasuki, biasanya hal tersebut berhubungan dengan hal-hal tertentu, salah satunya adalah untuk menyampaikan pesan. Ya, Qarin adalah ibarat saudara kembar kita yang tahu segalanya, makanya ketika si manusia ada uneg-uneg yang belum tersampaikan maka Qarin pun akan mengungkapkannya lewat cara seperti itu. Dan biasanya cukup sering juga kan orang-orang kesurupan kemudian memberi nasihat dan pesan-pesan?

Qarin Lahir Untuk Menyesatkan Manusia

Ada banyak definisi soal Qarin. Beberapa mengatakan hanya jin pendamping, tapi ada juga yang bilang jika Qarin ini tercipta untuk menyesatkan manusia. Cara kerjanya adalah menjejali pikiran manusia dengan perintah-perintah buruk, lalu si manusia ini akan melakukan hal tersebut.

Tapi, jin Qarin tak selalu bisa memengaruhi kita. Kalau iman dan takwanya kuat Qarin takkan bisa membisikkan apa pun

Dalam Tafsir As-Sa’di dinyatakan, “Kapanpun, dan dalam keadaan apapun, ketika setan menggoda Anda, dimana Anda merasakan adanya bisikan, menghalangi Anda untuk melakukan kebaikan, mendorong Anda untuk berdosa, atau membangkitkan semangat Anda untuk maksiat maka berlindunglah kepada Allah, sandarkan diri Anda kepada Allah, mintalah perlindungan kepada-Nya.

Sesungguhnya Dia Maha Mendengar terhadap apa yang anda ucapkan dan Maha Mengetahui niat Anda, kekuatan dan kelemahan Anda. Dia mengetahui kesungguhan Anda dalam bersandar kepada-Nya, sehingga Dia akan melindungi Anda dari godaan dan was-was setan,” (Taisir Karimir Rahman, Hal.313). Allahu a’lam. []

 

Sumber : ( Islampos, boombastis )

Baca Juga :

Comments

comments

Leave a Reply