Madu Hutan Indonesia (Riau)

Madu Hutan Indonesia adalah madu murni asli yang diperoleh langsung dari sarang lebah hutan Apis dorsata. Madu Hutan dari lebah Apis dorsata ini juga kaya akan manfaat dan mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, enzim, dan asam amino yang dibutuhkan oleh manusia. Berdasarkan penelitian dari ‘Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam’, madu yang diperoleh dari hutan merupakan madu yang terjaga kealamiannya karena belum tercemar oleh pestisida dan polusi. Madu bahkan memiliki antioksidan yang lebih tinggi.

Salah satu madu hutan Indonesia yang direkomendasikan untuk menjadi asupan sehari-hari dalam menjaga pola hidup sehat Anda adalah Madu Murni Hutan Riau yang berasal dari hutan pedalaman Riau. Madu ini dihasilkan dari lebah jenis Apis dorsata atau lebah liar yang banyak hidup di kawasan hutan dan dikumpulkan oleh para petani madu tanpa proses pateurisasi dan tanpa pemanis dan zat tambahan.

Manfaat Madu Hutan

Pada dasarnya manfaat madu hutan dan madu biasa sama saja. Namun kandungan gizi yang lebih pekat membuat khasiatnya untuk kesehatan lebih bermanfaat bagi tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa kita nikmati dari Madu Hutan Riau :

  1. Menghilangkan batuk dan radang tenggorokan.
  2. Meningkatkan daya ingat.
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh.
  4. Meningkatkan kesuburan pasangan.
  5. Meningkatkan stamina.
  6. Meningkatkan imunitas tubuh.
  7. Menstabilkan tekanan darah.

Perbedaan Madu Hutan dan Madu Biasa

1. Lebah pembuatnya

Madu hutan dihasilkan oleh madu hutan Apis Dosarta, sedangkan madu biasa dihasilkan oleh lebah lain seperti lebah Apis Cerana, Apis Trigona dll.

2. Kesulitan mendapatkannya

Lebah pembuat madu hutan masih sulit untuk dibudidayakan. Pasalnya, lebah Apis Dosarta lebih suka hidup ditempat yang tinggi. Misalnya menggantung dicabang pohon atau bukit batu yang terjal.

3. Rasa madunya

Madu biasa dari lebah yang diternakkan biasanya terasa sangat manis karena lebah-lebah tersebut diberi suplemen makanan berupa gula.

Sedangkan madu hutan didapat setelah lebah hutan mengambil nektar dari berbagai tanaman yang ada di hutan tersebut sehingga aroma dan rasanya menjadi lebih kaya dan kompleks.

4. Kandungan gizinya

Karena komponen pembuatnya lebih kompleks, maka kandungan gizi pada madu hutan lebih kaya dan bergizi dibanding madu biasa.

Salah satu kandungan unggulan pada madu hutan adalah antioksidan yang lebih tinggi dibanding madu biasa, begitu pula kandungan bee pollen dan propolisnya.

5. Warna madunya

Umumnya warna madu biasa berwarna cokelat keemasan. Sedangkan madu hutan berwarna coklat kehitaman karena madu ini mengandung mineral, enzim, dan zat lain yang jumlahnya lebih banyak dibanding madu biasa.

Meski demikian, kadar kepekatan pada setiap madu berbeda-beda. Misalnya madu hutan Riau memiliki warna yang lebih gelap, sedikit encer dan mengandung banyak bee pollen sehingga rasanya sedikit asam.

Madu Hutan Riau kini sudah tersedia di Rumah Madu Indonesia

Tersedia ukuran 350gr, 375gr, 500gr, 900gr, 1kg

Baca Juga :
Cara Membuat Madu Ruqyah Mandiri

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *