6 Buah yang disebutkan di dalam Alquran, ini khasiatnya bagi kesehatan

6 Buah yang disebutkan di dalam Alquran, ini khasiatnya bagi kesehatan

1. Kurma

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan - Alodokter

Dilansir Healthline, kurma kaya akan serat dan antioksidan. Flavonoid di dalamnya ampuh untuk menurunkan risiko diabetes, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Karotenoid bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan mencegah gangguan penglihatan. Sementara phenolic acid akan membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. Kurma juga bisa membantu menguatkan tulang serta alternatif pemanis yang lebih sehat daripada gula.

2. Pisang

Wah, Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari oleh Penderita Masalah Ginjal - Semua Halaman - Bobo
Buah ini dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik.
Meskipun kandungan gulanya tinggi, pisang juga mengandung serat larut pektin yang bertugas menyeimbangkan kadar gula di dalam darah dan memperlancar pencernaan. Kalium dan magnesiumnya baik untuk kesehatan jantung.

Pisang kaya akan antioksidan penting seperti dopamine dan catechin. Mineral dan karbohidrat baik di dalam pisang baik untuk para atlet. Magnesiumnya juga baik bagi kesehatan ginjal.

3. Tin

Mengandung Banyak Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Tin Untuk Tubuh
Terlepas dari kontroversi penafsirannya, buah tin merupakan bahan makanan yang kaya gizi. Buah tin rendah kalori, tinggi serat, dan tidak mengandung lemak, sehingga baik untuk mereka yang sedang menjaga berat badan.

Dilansir Healthline, sebuah studi di tahun 2005 membuktikan bahwa tin memiliki antioksidan super. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, tembaga, dan zat besi.

Buah tin baik untuk penderita diabetes, karena dapat menyeimbangkan kandungan asam lemak dan vitamin E di dalam darah. Buah ini bermanfaat dalam membantu pengobatan penyakit kulit seperti eczema, vitiligo, dan psoriasis.

4. Delima

Simak 11 Manfaat Teh Delima Bagi Kesehatan - Lifestyle Bisnis.com
Delima memiliki antioksidan punicalagin yang kekuatannya tiga kali lipat melebihi anggur merah dan teh hijau. Bisa mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, obesitas, dan Alzheimer.

Antioksidan di dalam buah delima mampu menghindarkan risiko kanker prostat, kanker payudara, arthritis, darah tinggi, dan disfungsi ereksi.

5. Zaitun

5 Fakta dan Manfaat Buah Zaitun yang Sehat Banget
Zaitun, buah berwarna hijau gelap yang biasa diolah menjadi minyak nabati .
Buah zaitun yang berwarna hitam saat sudah matang merupakan salah satu sumber vitamin E dan antioksidan terbaik. Menurut hasil penelitian, buah ini baik untuk jantung. Hydroxytyrosol berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung.

Oleonalic acid mencegah kerusakan hati, mengatur kadar lemak dalam darah, dan mengurangi inflamasi. Sementara quercetin menurunkan tekanan darah.

Zat besi di dalam zaitun penting untuk kelancaran sirkulasi oksigen di dalam darah. Kandungan di dalam zaitun juga bisa melindungi tulang dari osteoporosis, dan memiliki efek antikanker pula.

6. Anggur

Buah Anggur, Kecil Tapi Manis dan Bermanfaat - Lifestyle Fimela.com
Dilansir Healthy Site, anggur dipenuhi oleh polifenol, flavonoid, dan quercetin yang bisa mencegah penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Antioksidan myricetin dan quercetin di dalam anggur menjadikan buah ini efektif mencegah kanker. Lutein dan zeaxanthin yang bisa mencegah penyakit mata akibat usia.

Berdasarkan penelitian pada Journal of Nutrition, anggur bahkan bisa membantu fungsi tubuh memproduksi insulin. Juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Sumber : www.merdeka.com

 

Baca Juga :

Inilah Manfaat Minyak Zaitun Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Benarkah Zaitun Extra Virgin Olive  Oil Mampu Mengobati Kanker ?

TIPS MENGETAHUI MINYAK ZAITUN ASLI & PALSU

Comments

comments

Leave a Reply